Saturday, December 25, 2010

0

SISTEM INFORMASI DAN DATABASE

Posted in
• Basis data
• Himpunan kelompok data(arsip) yang saling berhubungan yang
diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali
dengan cepat dan mudah
• Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama
sedemikian rupa & tanpa pengulangan (redundansi) yang tidak perlu,
untuk memenuhi berbagai kebutuhan
• Kumpulan file/table/arsip yang saling berhubungan yang disimpan
dalam media penyimpanan elektronis
• DBMS
Sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam
mengelola basis data.
SISTEM BASIS DATA
Sistem yang terdiri atas kumpulan file(tabel) yang saling berhubungan
(dalam sebuah basis data disebuah sistem komputer) dan sekumpulan
program (DBMS) yang memungkinkan beberapa pemakai dan/atau program
lain untuk mengakses dan memanipulasi file-file(tabel-tabel) tersebut.

STRUKTUR DATA
Penjelasan Bagan:
¤ kumpulan tabel menyusun basis data
¤ tabel tersusun atas sejumlah record
¤ sebuah record mengandung sejumlah field
¤ sebuah field disimpan dalam bentuk kumpulan bit
> Istilah - istilah
> Field :bagian terkecil dari record.
istilah lain untuk field yaitu elemen data, kolom, item, dan atribut.
> Record: kumpulan dari field yang terkait.
istilah lain untuk record yaitu tupel dan baris.
> Tabel : menghimpun sejumlah record
> Domain : kumpulan nilai/data dalam 1 atribut/field

 KEY
Elemen record yang digunakan untuk menemukan record tersebut pada waktu akses
a).Jenis-jenis KEY
1. Primery Key
field yang mengidentifikasikan sebuah record dalam file . bersifat unik
contoh
NIM==>Primery KEY
022230043
022568007
022383747

2.Secondary KEY
Field yang mengidentifikasikan sebuah record dalam file. tidak bersifat unuk
contoh
NAMA=>Secondary Key
Tuti
Wati
Ale

3.Candidate KEY
field-field yang bisa dipilih (dipakai)menjadi primery key
contoh
NIM==>Candidate KEY
02240098               
02267464             
02274644           
NO_KWITANSI Mahasiswa ==>Candidate KEY
789
567
345

4. Composite KEY
Primery key yang dibentuk dari beberapa fild
contoh
HARI        ||        RUANG
selasa        ||            322
selasa        ||            321
selasa        ||            333==>Composite KEY

5.Foregn KEY
filed yang bukan key, tetapi adalah key pada file yang lain.
contoh
KODE_MK==>Primery KEY  ||  KODE_DOSEN==>Foreign KEY
N12                                                         D231
N46                                                         D456
N87                                                         D348

MODEL BASIS DATA
> Sekumpulan konsep terintegrasi yang dipakai untuk menjabarkan data, hubungan antar data dan kekangan data yang digunakan untuk menjaga konsistensi.
> Klasifikasi model sistem basis data
1. model hirarki
2. model jaringan
3. model relasional
4. model berorientasi obyek
> Pengenalan basis data relasional
> Basis data relasional adalah basis data yang terdiri atas relasi-relasi atau tabel-tabel yang dapat terhubung satu sama lain.
Contoh relasional
 ||Mahasiswa||  (1)---------> (n)|| KRS || (n)----------> (1)|| Matakuliah||
    NIM*                                     NIM**                              Kode_Mk*
    Nm_Mhs                                Kode_Mk**                      Nm_Mk
    Tmpt_Lhr                               Nilai                                    Sks
    Tgl_Lhr                                  Thn_Akademik                    Jurusan
    Kode_Jur                               Semester             
    Thn_Angkatan
Keuntungan pemakaian sbd
1. MENGURANGI REDUNDANSI
Data yang sama pada beberapa aplikasi cukup disimpan sekali saja.
2. MENGHINDARKAN INKONSISTENSI
karena redundansi berkurang, sehingga umumnya update hanya sekali saja.
3. TERPELIHARANYA INTEGRITAS DATA
data tersimpan secara akurat.
4. DATA DAPAT DIPAKAI BERSAMA-SAMA
data yang sama dapat diakses oleh beberapa user pada saat bersamaan.

5. MEMUDAHKAN PENERAPAN STANDARISASI
menyangkut keseragaman penyajian data.
6. JAMINAN SEKURITI
data hanya dapat diakses oleh yang berhak.
7. MENYEIMBANGKAN KEBUTUHAN
dapat ditentukan prioritas suatu operasi, misalnya antara update
(mengubah data) didahulukan update.
SISTEM INFORMASI
informasi
> Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang (Davis 1999).
> Menurut Burch dan Grudnitski (1989) kualitas suatu sisstem informasi ditentukan oleh 3 faktor, yaitu:
1. Relevansi
2. Tepat waktu
3. Akurasi
> Relevansi berarti bahwa informasi benar – benar berguna bagi suatu tindakan keputusan yang dilakukan oleh seseorang
> Tepat waktu berarti bahwa informasi datang pada saat dibutuhkan sehingga bermanfaat untuk pengambilan keputusan
> Akurasi berarti bahwa informasi bebas dari kesalahan

||DATA||    ==>   ||PROSES||     ==>    ||INFORMASI||
     90                Perhitungan rata           rata-rata hasil
     80               -rata hasil                     Penjualan produk
    110                Penjualan Produk        dalam kwartal terakhir adalah 90 unit
     80


Sistem informasi
> Sistem informasi adalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. ( menurut Alter 1992 )
Gambar : definisi sistem informasi
Kemampuan sistem informasi
> Melaksanakan komputasi numerik,bervolume besar, dengan kecepatan tinggi.
> Menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antarorgansiasi yang murah, akurat, dan cepat.
> Menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang yang kecil tetapi mudah diakses.
> Memungkinkan pengaksesan informasiyang sangat banyak di seluruh dunia dengan cepat dan murah.
> Meningkatkan efektivitas dan efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok dalam suatu tempat atau pada beberapa lokasi.
> Menyajikan informasi dengan jelas yang menggugah pikiran manusia.
> Mengotomasikan proses-proses bisnis yang semiotomatis dan tugas-tugas yang dikerjakan secara manual.
> Mempercepat pengetikan dan penyuntingan.
> Melaksanakan hal-hal di atas jauh lebih murah daripada kalau dikerjakan secara manual.
Pengembangan sistem informasi
Cara pengembangan Sistem Informasi
> Insourcing
> Prototyping
> Pemakaian paket perangkat lunak
> Selfsourcing
> outsourcing
insourcing
> Melakukan pengembangan sendiri
> Pengembangan dilakukan oleh para spesialis sistem informasi yang berada dalam departemen EDP (Electronic Data Processing), IT (Information Technologi) atau IS (Information System)
> Pengembangan sistem dengan SDLC (System Development Life Cycle) atau daur hidup pengembangan sistem
> Dengan SDLC organisasi akan mengikuti 6 langkah penting yang mencakup berbagai tahapan yaitu :
1. Perencanaan
2. Penentuan lingkup
3. Analisis
4. Desain
5. Implementasi
6. Pemeliharaan
prototyping
> Merupakan suatu pendekatan yang membuat suatu model yang memperlihatkan fitur – fitur suatu produk, layanan, atau sistem usulan.
> Modelnya dikenal dengan sebutan prototipe
> Langkah dalam prototyping
1. Mengidentifikasi kebutuhan – kebutuhan dasar pemakai
2. Mengembangkan sebuah prototipe
3. Menggunakan prototipe
4. Memperbaiki dan meningkatkan prootipe
> Pemakaian paket perangkat lunak
> Perangkat lunak yang dibuat oleh vendor yang ditujukan untuk menangani masalah tertentu.
@selfsourcing
> Suatu model pengembangan dan dukungan sistem teknologi informasiyang dilakukan oleh para pekerja di suatu area fungsional dalam organisasi
> Misalnya bagian akunting, keuangan dan produksi dengan sedikit dari pihak spesialis sistem informasi atau tidak sama sekali.
> Model ini dikenal dengan istilah end-user computing atau end-user development
Outsourcing
> Pendelegasian terhadap suatu pekerjaan dalam sebuah organisasi ke pihak lain dengan jangka waktu tertentu, biaya tertentu, dan layanan tertentu.
Sistem informasi menurut dukungan para pemakai
> Transaction processing system (TPS)
adalah SI yang meng-capture dan memproses data transaksi bisnis.
> Management information system (MIS)
adalah SI yang menyediakan laporan transaksi dan
operasional organisasi pada management (top, middle, lower)
> Decision support system (DSS) adalah
SI yang membantu untuk mengidentifikasi kesempatan pengambilan
keputusan atau menyediakan informasi untuk membantu pengambilan
keputusan
> executive information system (EIS) adalah SI yang mendukung kebutuhan informasi top-level managers untuk pengambilan keputusan yang tidak terstruktur (contoh : memperkirakan selera konsumen 5 – 10 tahun yang akan datang)
> expert system (ES) adalah simulasi human reasoning & decision-making dengan mengkombinasikan subject knowledge dari human experts (knowledge based & inference rules)
> office automation systems (OAS) adalah SI yang memiliki fasilitaslocal & wide area networking, email,voice mail, fax,video conferencing, word processing dll. Yang didesain dengan menggunakan client/server architecture, yang memungkinkan users untuk share corporate data pada entire business enterprise

0 komentar:

Tinggalkan Pesan, Kesan, Cacian, Omelan, Ocehan